Senin, 12 Juli 2010

N. mirabilis


Ciri khas
Tulang daun longitudinal jelas sekali. Di spesies lain tulang itu tidak terlihat jelas. Tepi daun kadang-kadang bergerigi.

Budidaya
Daya adaptasinya luar biasa tinggi, bisa tumbuh mulai dari 0—1500 m dpl dan dapat dijumpai di banyak negara. Ia mudah dirawat di dataran rendah. Redam sorot sinar matahari dengan jaring peneduh 50% dan jaga kelembapan agar tetap tinggi. Ia rentan jika kelembapan rendah. Media tanam harus lembap.

Deskripsi kantong
Bagian bawah kantong roset membesar, kemudian menyempit setelah mencapi setngah tinggi kantong. Peristome agak datar, bulat, dan menyempit ke arah pangkal penutup. Kantong atas penampilannya sama dengan kantong roset. Warna kantong hijau, kadang disertai warna kemerahan.

Info
Spesies yang paling luas penyebarannya di seluruh dunia. Ia bisa tumbuh di ketinggian 200 m dpl, ditemukan pula pada ketinggian 1000 m dpl, bahkan sampai 1500 m dpl walaupun populasinya di puncak gunung itu sedikit. Pada abad 19 namanya N. Phyllamphora. Habitatnya di hutan kerangas, hutan gambut, dan padang rumput. Ada beberapa jenis hibrida alaminya, N.mirabilis x N. ampullaria, N. mirabilis x N. bicalcarata, N.mirabilis x N gracilis, dan N. mirabilis x N raffesiana. Di Brunei dan Sarawak ditemukan varietas paling ekstrim dari N. mirabilis, spesies dengan peristome besar itu dinamakan N. echinostoma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar